1.516 Bendera Merah Putih Hiasi Lembah Ngingrong



Sebarkan :


Views: 196

Gunung kidul – Sebanyak 1.516 bendera merah putih berkibar di Kawasan Lembah Karst Ngingrong, Mulo, Kecamatan Wonosari. Pengibaran bendera secara masal tersebut merupakan rentetan dari peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 72 tahun, sekaligus mempromosikan kawasan Lembah Karst Ngingrong sebagai salah satu dari tiga belas situs geosite Gunungsewu Global Geopark yang sudah diakui UNESCO, Kamis (10/08/2017).

Dalam sambutannya, Bupati Gunungkidul Hj.Badingah S.Sos menyampaikan rasa syukur dalam promosi wisata alam dan pengibaran bendera merah-putih dalam peringatan HUT RI ke 72, ia mengharapkan agar kita menyukuri kenikmatan yang telah di berikan Allah SWT, dan semoga Gunungkidul menjadi tempat tujuan wisata yang maju serta berbudaya, dan untuk kelestarian sepanjang masa dan pendapatan daerah dapat meningkat dari Pariwisata yang ada.

Kepala Survei Badan Geologi Kementerian ESDM RI Dr Muhammad Wafid menyatakan, sekarang ini Gunungsewu Global Geopark cukup sukses membangun pariwisata berbasis geologi. Karena terbukti mampu untuk meningkatkan pembangunan ekonomi. Termasuk mendorong keterlibatan masyarakat dalam mengembangkan kawasan pariwisata tersebut.

Sementara itu, General Manajer Geopark Gunungsewu, Budi Martono mengatakan, dipilihnya Lembah Ngingrong, dari total 33 geosite yang di Gunungsewu adalah karena tempatnya yang lapang. Dibanding dengan 12 geosite lainnya yang ada di Gunungkidul; 13 lokasi di Pacitan, dan tujuh di Wonogiri, Lembah Ngringrong dinilai paling memungkinkan untuk pengibaran ribuan bendera.

“Berdasarkan survei geosite, disini [Lembah Ngingrong] merupakan wilayah yang memiliki cakupannya luas untuk diadakan pengibaran bendera,” jelanya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Bupati Gunungkidul Hj.Badingah S.Sos, Kapolres Gunungkidul, AKBP Muhammad Arif Sugiharto SIK MPP, Kajari Muh. Fauzan SH MH, Dandim yang di Wakilkan Kapten Inf Agus Riyanto (Danramil 1/Wonosari), Wakil dari Kabupaten Wonogiri, Pacitan, General Manajer Geopark Gunungsewu Ir.Budi Martono MSi, Sekretaris Geopark Gunungsewu Hari Sukmono, Kepala Survei Badan Geologi Kementrian ESDM RI Dr Muhammad Wafid, Kepala Dinas Pariwisata Drs.Saryanto, Muspika Kecamatan Wonosari, dan para tamu undangan Pecinta Alam, hadir kurang lebih sekitar 700 orang. (TTN)

Tags: