11 Pasang Pengantin Ikuti Nikah Massal



Sebarkan :


Views: 15

Yogyakarta- Sebanyak 11 pasang calon pengantin berbaris di depan gedung DPRD DIY untuk mengikuti Nikah Bareng Indonesiana yang diadakan oleh Forum Taaruf Indonesia (Fortais). Penyelenggaraan nikah massal gratis untuk menyambut HUT Fortais yang ke 7.

Penggagas acara sekaligus Ketua Fortais, Ryan Budi Nuryanto mengatakan, ada 11 pasang yang ikut serta dalam nikah massal. Namun, satu pasang sudah melangsungkan akad di gereja dan nantinya menyusul acara syukuran bersama pasangan lainnya. Lebih jauh, Ryan mengungkapkan dua dari 11 pasangan merupakan jebolan dari program Golek Garwo di mana Fortais memfasilitasi janda dan duda untuk bertemu mencari jodoh. calon pengantin dinikahkan oleh kepala KUA Danurejan Lukman Hakim.

Yang lebih unik lagi, tidak hanya melantangkan janji sehidup semati di atas kendaraan lapis baja, mas kawin para pengantin juga tidak lazim, seperti layaknya pernikahan pada umumnya.

Jika pernikahan pada umumnya menggunakan benda semacam seperangkat alat salat, uang atau perhiasan sebagi mas kawin, dalam nikah massal ini, mas kawin yang digunakan adalah pembacaan Pancasila dan bendera merah putih.

Ryan menjelaskan alasan menggunakan Pancasila dan bendera merah putih sebagai mas kawin pernikahan para peserta nikah massal.

"Saat ini banyak terjadi krisis kemanusiaan di mana-mana, khususnya negeri ini baru dilanda kurangnya rasa kebangsaan, maka dengan dilakukannya pernikahan digarapkan dapat ditanamkan rasa kebangsaan dan cinta terhadap NKRI," terangnya disela acara Nikah Bareng Indonesiana di depan gedung DPRD DIY, Senin (14/5/2018).

Semua pasangan dalam nikah massal yang digelar oleh Fortais selalu berusaha memberikan fasilitas gratis untuk peserta mulai dari biaya nikah hingga fasilitas bulan madu.

Tags: